Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Saturday, March 22, 2014

History of Sun Tzu [THE ART OF WAR]


 



Sun Tzu adalah merupukan penasihat kerajaan Wu , Selain itu Sun Tzu juga merupakan penasih yang terkenal di masa itu.Keahlian Perangnya terkenal sampai ke kerjaan-kerajaan sebrang. Sun Tzu terknal karena 13 Prinsip perangnya, Konon orang membaca 13 prinsip perang Sun Tzu dapat memenang 1000 pertempuran Perang.






1.Kalkulasi
Meneliti 5 fundamental penting dalam perang yaitu Jalan, Iklim, Lapangan peperangan, Kepemimpinan lawan, dan strategi lawan.
2. Penantang
Mencari tahu seberapa besar kekuatan ekonomi musuh, Seberapa besar kesempatan kita untuk menang bila berharapan langsung Dll.
3. Rencana
Mendefinisikan kekuatan sebagai kesatuan merencana 5 faktor penting dalam penyerangan Attack, strategi, aliansi, Pasukan dan kota
4. Positioning
Positioning menjelaskan pentingnya mempertahankan posisi yang ada sampai seorang komandan mampu maju dari posisi tersebut dengan aman. Ini mengajarkan komandan pentingnya mengenali peluang strategis, dan mengajarkan untuk tidak menciptakan peluang bagi musuh.
5. Energy
menjelaskan penggunaan kreativitas dan waktu dalam membangun momentum sebuah tentara.
6. Weak point/Ilution and reality
menjelaskan bagaimana peluang tentara ini berasal dari bukaan di lingkungan yang disebabkan oleh kelemahan relatif dari musuh di daerah tertentu.
7. Engaging the force
Angkatan menjelaskan bahaya konflik langsung dan bagaimana untuk memenangkan orang-orang konfrontasi ketika mereka dipaksakan komandan.
8. Variation in tactic
Membuat taktik-taktik baru yang tidak dapat di baca oleh musuh
9. Moving the force
Sebagian besar bagian ini berfokus pada mengevaluasi maksud orang lain.
10 .Situational positioning
Melihat dari aspek (jarak, bahaya dan hambatan) dan enam jenis posisi tanah yang muncul dari mereka. Masing-masing enam posisi lapangan memberikan beberapa keuntungan dan kerugian.
11. Nine terrain
menggambarkan sembilan situasi umum (atau tahapan) dalam kampanye, dari hamburan untuk mematikan, dan fokus tertentu yang seorang komandan akan perlu untuk berhasil menavigasi mereka.
12. Fire attack
Menyerang menggunakan api merupakan serangan yang efektif, lebih menitik beratkan pada serangan ke bagian cadangan makanan atau membakar gudang senjata
13. Spy
Harus menggunakan mata-mata untuk masuk ke lingkukungan musuh dan mengkoleksi data-data tentang musuh.


 Suatu ketika raja Cao cao Bertanya pada Sun tzu




C: baginda raja Wu
S: Sun tzu

C: Sun tzu apakah prinsip-prinsip perangmu dapat di terapkan untuk seorang petani agar dapat memenangkan perang?
S: (Dengan tenang) Dapat tuanku.
C: Apakah juga dapat di terapkan pada orang-orang cacat fisik?
S: (Dengan tenang) Tentu dapat tuanku.
C: Apakah Bisa di terapkan ke pada wanita?
S: (Terdiam sejenak dan berfikir) Dapat tuanku.
[Di masa itu wanita tidak seperti sekarang, di masa dulu wanita adalah makhluk yang paling rendah, lebih rendah dari pada budak, karena di masa itu wanita di anggap hanya untuk memuaskan sex dan melayani raja]
C: Kalau seperti itu, aku memerintahkanmu untuk Melatih 180 Selir yang aku punya untuk dapat berperang.Kalau kamu sampai gagal. maka kepalamu yang akan aku penggal.
S: Tentu tuanku aku pasti berhasil untuk melakukanya tuanku (dengan tenang menjawab)

Setelah itu Sun tzu mengirim undangan ke pada 180 selir raja untuk datang ke Aula besar kerajaan besok pagi, Para selir merasa senang karena berfikir dapat undangan dari raja.
Keesokan hari pagi hari di Aula kerajaan penuh dengan 180 selir raja yang sedang tertawa dan berbicang-bincang satu sama lain. Dan pada saait itu tiba-tiba tirai Aula di buka, Alangkah kagetnya selir-selir raja karena yang diharapkan adalah Baginda raja yang ada di balik selir itu tapi melainkan Sun tzu. Pada saat itu Sun tzu Berkata
S: Sun tzu
SL:Selir



S: Wahai selir-selir raja aku di perintahkan raja untuk melatih kalian berperang.
SL: Para selir menjawan, "Kamu pasti bercanda? "
S: Apa aku terlihat seperti sedang bercanda?
SL: Para selir tertawa Sejenak.
S: Baiklah mari kita mulai dari latihan baris-berbaris. Harap Kiri Grak.
SL: Selir-Selir hadap kiri sambil tertawa-tertawa bercanda
S: Para selir ayo kita coba sekali lagi.Hadap kanan grak.
Sl: Selir bercanda dan tertawa satu sama lain tanpa mempedulikan perintah Sun tzu.
S: Para selir apakah engkau tahu ? Bila seorang komanda memberikan perintah yang kurang jelas dan anak buah melakukan kesalahan maka yang salah ada sang komandan bukan?
SL: Para selir terdiam dan binggung
S: Dan bila Komandan Memberikan perintah yang jelas dan Anak buah melakukan kesalah berarti yang salah adalah Anak buah itu apa betul ?
SL: para selir masih terdiam polos.
S: Baik kalau begitu saya merasa saya sudah memberkan penjelasan yang jelas dan kalian masih salah berarti kalian yang salah.
(Para selir tiba-tiba tertawa dan bercanda kembali)
(Kemudian sun tzu memanggil 2 selir yang paling cantik dan yang paling tidak serius untuk melakukan perintah sun tzu)
(Kemudian Sun Tzu Penggal kepala 2 orang Selir Raja di hadapan selir-selir lain)
(Tiba-tiba Suasana menjadi Diam, Dari yang tertawa-tawa menjadi diam)
(Kemudian Sun tzu berkata)
" adakah yang mau menyusul 2 orang ini ? "
(Mulai dari saat itu selir-selir dengan perasaan takut dan gemetar berusaha untuk mengikuti semua pelatihan sun tzu dengan serius)

[hari demi hari berlatih, sekarang para selir-selir Sudah menjadi The lady Warrior, Sesuai dengan janji sun tzu kepada raja dia dapat membuat 180 selir yang tadinya tidak mempunyai keahlian apa-apa sekarang mampu melindungi diri sendiri dan juga baginda raja]

Gali demi menggali Ternyata Baru di ketahui bahwa Sun tzu merupakan atau adalah 2 orang. yang pertamana adalah Sun Tzu dan yang kedua adalah Sun tzu II (Yang lebih di kenal Sun bin) Sun bin merupakan keturunan dari Sun zhu yang lahir 100 tahun setelah Rezim Sun Tzu.

100 Tahun setelah Sun Tzu wafat.Perang di negara cina masih berlanjut, Sun bin merupakan keturunan dari sun tzu, Sun bin berasal dari orang tua yang rakyat biasa, jaman dulu di cina hanya ada 2 Sekolah Yaitu sekolah ilmu bela diri yang kina kenal dengan nama SHAOLIN dan Sekolah ilmu perang dan strategi.

  

Sun Bin Bertekad masuk sekolah ilmu tinggi perang tersebut, Dia Berjalan dari Rumahnya yang berada jauh di hutan Hingga menuju ke kota tempat sekolah ilmu perang itu berada, Sesampainya di depan sekolah tersebut dia harus mengikuti test mental yang di lakukan sekolah tersebut, 3 hari tanpa makan dan minum Sun Bin dan 1000 murid lainya berlutut di depan Gerbang sekolah tersebut, itu merupakan test mental dari Sekolah tersebut. 3 hari Berlalu Sun Bin menjadi salah satu dari 40 orang yang di terima masuk ke perguruan tersebut, Bayangkan saja 1000 Peserta tapi hanya 40 yang di terima masuk.

Hari demi hari berlalu, Sun Bin menjadi Salah satu dari 2 Murid terbaik di sekolah tersebut, dan 1 lagi orang yang menjadi murid terbaik adalah sahabat dari Sun Bin yaitu Pang Juan.Pang juan merupakan kakak Seperguruan Sun Bin, Dia dan Sun Bin sudah Mengikat janji menjadi sahabat sehidup semati. Dia Dan Pang juan Menyayat Telapak tangan mereka masing-masing hingga berdarah dan salah menyatukan telapak tangan mereka yang terluka sebagai janji Sahabat. Sun Bin mengangap Pang juan bagai Kakak kandung Dia sendiri.

Tiba Di mana saatnya Pan juan Lulus dari sekolah tersebut terlebih dahalu dari pada sun Bin. Setelah pan Juan lulus dia langsung bekerja untuk kerajaan Wei Dan diangkat menjadi jendral bintang 4 pada masa itu, 1 tahun setelah itu Sun Bin pun lulus dari sekolah tersebut, Mendengar Sun Bin sudah Lulus Pang Juan dengan semangat Merayu Sun Bin agar mau Menjadi Jendral juga di kerajaan Wei, Sun Bin yang mengangap Pang Juan bagai kakak Kandungnya Pun tertarik akan tawaran tersebut. Sun Bin Diangkat menjadi Jendral Bintang 3 atau dengan kata lain Merupakan bawahan dari Pang Juan.

Hari demi hari berlalu, Raja Wei menaruh Curiga pada Pang Juan dan Mulai tertarik dengan Sun Bin, Menurut Raja Wei Yang hebat itu bukan Pang Juan Melainkan Sun Bin. Mengetahui Raja Wei sudah Curiga Pang Juan Melakukan Rencana Buruk Untuk Sun Bin.
Dia Menfitnah Sun Bin kepada raja Dia berkata
"Yang Mulia, Aku mengetahui rencana Sun Bin yang berencana akan Membunuhmu besok malam."
Mendengar itu Raja Wei pun Murka, Dia menyuruh Pengawalnya untuk Membawa Sun Bin Kehadapanya.
Sun Bin yang di Seret ke ruangan Raja di tengah ia tertidur malam itu pun Heran.
Sampai Di ruangan Raja. Sun Bin bertanya pada raja
S:Sun Bin
R: Raja

S: Wahai paduka Raja, Ada apa engkau memanggil hamba?
R: JANGAN BANYAK BICARA KAMU !! (Raja mengambil Pedangnya)
(Tanpa Banyak Bicara raja pun Memotong kedua Tangan Sun Bin dan Kedua kaki Sun Bin Dan Menempelkan Besi Panas Bertuliskan PENGKHIANAT di leher Sun Bin)
S: Paduka Raja, Apa salah hamba Hingga engkau memotong-motong hamba?
(Raja tanpa Berbicara sepatah katapun langsung nyuruh Pengawal Kerajaan untuk memasukan Sun Bin ke penjara yang paling dalam. 


Sekarang Sun Bin Hidup Menderita Di penjara yang gelap dan menyeramkan dan Tidak ada orang yang menjenguknya Satu pun Kecuali Pan Juan.
P:Pang Juan
S: Sun Bin

S: Kakak Apa salahku Hinggan Raja tega seperti ini terhadapku
P: (Berpura-pura tidak tahu) Aku juga tidak tahu adikku, raja tidak mau memberitahu aku. Aku mau bertanya Adikku, Apa Strategi perang negara Qi dapat di kalahkan dengan Formasi Pisau?
S: (Tanpa menaruh Curiga pada Pang Juan)Tidak kakak, Sebaiknya kakak sebaiknya menggunakan Formasi Teratai. Bla Bla Bla.
Jadi Selama ini Yang pintar bukanlah Pang Juan Melainkan Sun Bin, Oleh karena itu Walaupun Sun Bin di penjara Pang Juang Tetap bertanya pada Sun Bin tentang Strategi perang.
Hari Demi hari Sun Bin Tidak Pernah Sedikit Pun Menaruh Curiga pada Pang Juan 

Akhirnya Sun Bin memutuskan Untuk bertingkah Seperti orang GIla


Sun Bin Di depan Kepala Penjara tidak mau Makan, Selama 7 hari sun bin Tidak pernah makan-makanan yang di berikan oleh kepala penjara.
Jadi selama Sun Bin berpura-Pura menjadi orang gila, dia dapat bertahan tanpa makan itu sebenarnya dia memakan Kotoran dia sendiri untuk mengelabuhi Kepala Penjara.
Kemudian Kepala penjara melaporkan kepada raja Wei kalau Sun Bin pun Sudah tidak waras. Kemudian Raja Wei memerintakan Untuk membuang Sun Bin ketengah Hutan agar dia mati di terkan Serigala. 


Kemudia Kepala Penjara Pun membuang Sun Bin di tengah hutan. 10 menit setelah Pengawal Pergi, Antek-Antek negara Qi pun menjemput Sun Bin dan mengantarnya Kepada Jendral Besar negara Qi.

Setelah Bertemu Dengan Jendral Negara Qi Sun Bin memberi Hormat. Jendral Negara Qi pun terheran-heran melihat Sosok di depanya, dan menaruh tanda tanya besar pada dirinya apakah ini benar Sun Bin yang Hebat itu?. Karena yang dia lihat adalah Sosok Kumuh,Kumel dengan Penyakit kulit yang luar biasa banyak. Saat itu juga Jendra Besar memerintahkan Anak buahnya untuk membersihkan Tubuh Sun Bin.
Setelah bersih jendral Bertanya Pada SUn Bin
J:Jendral Besar
S:Sun Bin

J: Apakah engkau Sun Bin keturunan dari Sun Tzu ?
S: Betul tuanku
J: Apa jangan-jangan engkau hanya orang gila yang berpura-pura menjadi Sun BIn ?
S: Apa yang bisa hamba lakukan Agar Tuanku percaya kalau saya Sun Bin yang seenarnya?

J: Baiklah saya beri kamu pertanyaan, Kalau engkau Bisa jawab Berarti engkap benar Sun Bin. Apa kamu sanggup?
S: Sanggup Tuanku

J: Di hari minggu biasanya Saya dan raja melakukan tantangan yaitu Lomba pacuan Kuda, Saya Memiliki 3 kuda, 1. Kuda yang paling cepat 2. Kuda yang Cepat 3. Kuda yang lumayan cepat.Raja pun demikian mempunya kuda yang Paling cepat, cepat dan lumayan cepat.
Biasanya saya selalu mengadu kuda itu 1 lawan 1. Dan hasilnya Saya selalu kalah 0-3 terhadap raja, apa kamu dapat membuat saya menang?
S: Soal yang sangan mudah Tuanku. tanpa perlu melatih kudapun saya mampu membuat anda menang.
J: Bagai mana caranya?
Biasanya Anda mengadu
Kuda Paling Cepat Vs Paling cepat
Cepat vs Cepat
Lumayan cepat Vs lumayan cepat
maka anda kalah 0-3 karena kuda raja memiliki kualitas sedikit di atas kuda anda.
Maka Dengan Mengadu kuda anda seperti ini
Kuda raja paling cepat vs Kuda anda Lumayan cepat (Anda kalah)
Kuda raja Cepat vs Kuda anda Paling cepat (Anda menang)
Kuda raja Lumayan cepat vs Kuda anda cepat (Anda menang)
maka dengan demikian anda menang dengan score 1-2

J: Kamu Sun Bin sesungguhnya, Selamat bergabung di negara Qi
S: Terima kasih tuanku
(Senang Karena dia ingin membalaskan dendam dia kepada pang Juan)

Quote:Akhirnya Sun Bin menjadi Salah Satu jendral di negara Qi, Di Memimpin 1000 Pasukan ke perbatasan untuk berjaga-jaga.
Mendengar Sun Bin berada DI perbatasan Pang Juang dan 14000 Pasukanya mengejar Sun Bin ke perbatasan.



Melihat dari Jauh Pang Juan dan 14000 pasukan menuju Kearah Sun Bin, Dia pun menyuruh 1000 pasukanya untuk Mundur , Pengejaran tersebut memakan banyak waktu, hingga Malam pun hampir tiba. Sun Bin Masuk ke dalam Hutan dan Pang Juan Berada di Luar hutan. ( JAMAN DULU ADA ATURAN PERANG DIMANA, KALAU LANGIT GELAP MAKA TIDAK DI PERBOLEHKAN PERANG)
Sun Bin Menyuruh 1000 Pasukanya untuk membuat masing-masing 1 api unggun. Jaman dulu 1 Api unggun itu untuk 12 orang.
Pang Juang Dari jauh menghitung jumlah api unggun yang ada adalah 1000 ,Karena dia tidak tahu seberapa banyak pasukan SunBin,Dia mengambil logika 1 api unggu = 12 orang.. berarti dalam hatinya 12x1000 = 12000 orang pasukan SunBin, Dia membawa 14000 orang sedangkan SunBun 12000 Dia tidak takut karena masih menang jumlah.
Pagi Pun datang, Pang Juang Dan pasukan Mengikutin Jejak Jejak Kaki yang di tinggalkan Sun Bin dan pasukanya, Ternyata Jejak Itu menggiring Pang Juang dan 14000 pasukanya ke Bukit buntu/ Death Valley. Kemudian Sun Bun menembakan panah berisi surat yaitu " Pang Juan Kamu telah kalah Dan akan aku bunuh segera"
Melihat surat itu Pang Juang berfikir, 12000 vs 14000 kalau Di lokasi seperti ini dia tidak akan menang karena dia terjebak di death valley. Akhirnya Pang Juang Mengambil Pedang dia dan menusukan di jantung hatinya sendiri, Karena Pang Juang tidak rela dirinya di bunuh Sun Bin, Oleh karena itu dia memilih bunuh diri, Melihat Pemimpin Mereka Mati, Pasukan Pang Juan menjadi berantakan dan Hilang arah. Melihat rencanya berhasil Sun Bin Memerintahkan Semua pasukan musuh agar melepaskan Pedang dan baju Zirah mereka. Musuh pun Setuju dan melepaskan, Setelah pedang dan Zirah Mereka Di rampas. Pasukan Pang Juang baru sadar kalau ternyata jumlah Mereka sebenernya Sedikit.

Perang Sun Bin dan Pang Juan masuk ke dalam 100 perang terbaik di dalam Sejara.
Artikel Terkait

2 comments:

  1. Selamat datang di intanqq

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    bandarq
    dominoqq
    domino99 online terpercaya
    Domino Qiu Qiu
    dominoqq

    ReplyDelete