Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Selasa, 25 Maret 2014

Penyebab Bad Sector, Cara Cek Bad Sector Harddisk dan Cara Memperbaikinya

Bad sector pada harddisk menjadi sesuatu yang ditakutkan pengguna komputer, namun jika Anda tahu penyebab bad sector harddisk dan cara cek bad sector harddisk tersebut benar-benar bad sector atau ada masalah teknis lain pada harddisk anda mungkin tidak perlu khawatir akan hal ini, karena anda bisa meminimalisir terjadinya bad sector HDD sehingga pencegahan sejak dini sudah dilakukan.
Penyebab bad sector pada harddisk itu sendiri banyak penyebabnya, Mungkin jika terjadi pada saat mengoperasikan komputer seperti ; Beberapa file datadi harddisk hilang, tidak dapat dibaca atau rusak dan tidak dapat untuk mengakses file dan folder tertentu. Ini mungkin merupakan penyebab masalah bad sector. Pengertian Sektor sendiri ialah ruangan penyimpanan pada hard disk. Dan sektor buruk adalah sektor pada disk dimana data tidak dapat ditulis atau dibaca karena kerusakan fisik atau inkonsistensi paritas dalam pemeriksaan bit pada disk. Setiap data yang ditulis atau disimpan pada area yang mungkin hilang atau rusak. Data yang berada pada bagian sektor disk yang lain mungkin tidak terpengaruh dan disk masih dapat digunakan jika bad sectornya sedikit, namun jika masalahnya sudah banyak maka siap-siap untuk mengganti dengan Harddisk yang baru.

Beberapa Penyebab Bad Sector pada Harddisk :

  1. Tegangan listrik yang tidak stabil, dengan daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat hardisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan hardisk pada komputer
  2. Melemahnya magnetik dari piringan hardisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  3. Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat anda mengoperasikan komputer, dan saat hardisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari hardisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector pada harddisk
  4. Salah satu penyebab bad sector pada HDD disebabkan dari susunan file pada hardisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari hardisk dan mengakibatkan bad sector pada hardisk.
Yang perlu di ketahui bahwa bad sector tersebut memiliki kecenderungan untuk menyebar dan biasanya tidak dapat diperbaiki. Ketika Bad sector menyebar, dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem ketika file sistem penting lainnya rusak. Namun beberapa software bisa membantu menangani masalah bad sector pada harddisk meskipun tidak semuanya bisa teratasi.
Selain itu bad sector pada harddisk juga bisa disebabkan oleh pemeriksaan Parity yang buruk saat menyalin bit pada disk. Pada hardisk modern data akan disimpan secara transparan dan akan menyimpan menyimpan Parity bit bersama-sama dengan data. Ketika data dibaca, bit paritas juga diambil dan dibandingkan untuk menjamin integritas data. Hal ini berlangsung tanpa sepengetahuan user. Ketika bit parity rusak untuk beberapa alasan, kemudian akan berakibat pada kesalahan bad sector. Dalam hal ini, melalui beberapa perangkat lunak pemulihan proprietary, ADRC benar-benar bisa memperbaiki bad sector tanpa kehilangan data dengan mengoreksi atau menulis ulang bit-bit Parity yang rusak pada harddisk yang ada.
Solusi aman untuk Masalah Bad Sector Jika harddisk masih bekerja dengan baik, segera backup data penting untuk menghindari hilangnya data lebih lanjut. Jika sistem merespon kemacatan data saat anda mengcopy data yang penting itu berarti data anda ada tersimpan pada lokasi bad sector tersebut dan susah dikembalikan.
Lalu bagaimana Untuk memeriksa bad sector pada hardisk ? apakah kondisi harddisk masih normal atau bukan, anda dapat melakukannya dengan cara sederhana berikut.

Cara Cek Bad Sector Harddisk

  • Silahkan buka windows explorer, lalu klik kanan partisi hardisk anda, semisal; drive C, D atau E yang ingin anda periksa.
  • Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools. seperti pada gambar dibawah ini
bad sector harddisk 450x399 Penyebab Bad Sector, Cara Cek Bad Sector Harddisk dan Cara Memperbaikinya
  • Selanjutnya klik Check now.
dan setelah di cek di temukan Bad sector pada hardisk anda, bagaimana cara memperbaikinya?
Bila bad sector pada hardisk anda masih bad sector yang ringan anda dapat memperbaikinya dengan cara :
  1. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan pilih fasilitas repair
  2. Opsi untuk memperbaiki bad sector harddisk dengan menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format “detailnya silahkan searching di google”.
Namun jika bad sector sudah banyak /parah, maka siap-siap anda harus membackup data anda dan membeli hardisk baru lagi.

source:
http://ilmuonline.net/penyebab-bad-sector-cara-cek-bad-sector-harddisk-dan-cara-memperbaikinya/
Artikel Terkait

1 komentar: