Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Monday, March 23, 2015

Logistik & Supply Chain Management


Produk: barang dan jasa/layanan

Definisi logistik : 
  • Inti dalam suatu organisasi adalah kegiatan operasi yang menciptakan dan mengirimkan produk. Kegiatan operasi ini menggunakan sejumlah input dan mengubahnya menjadi produk yang diinginkan. Kegiatan operasi ini meliputi manufacturing, serving, transporting, selling, training, dan lain-lain. Produk yang telah dihasilkan dalam hal ini kemudian disampaikan kepada konsumen.

  • Logistik merupakan fungsi yang bertanggung jawab terhadap aliran material dari supplier ke dalam organisasi, sepanjang kegiatan operasi dalam organisasi, dan kemudian ke konsumen. 
  • Perpindahan material dari supplier ke dalam organisasi disebut inbound atau inward logistics; perpindahan material ke luar menuju konsumen disebut outbound atau outward logistics; dan perpindahan material di dalam organisasi disebut materials management. 
  • Di sini, yang dimaksud dengan material adalah semua hal yang dipindahkan oleh organisasi untuk menciptakan produknya, baik yang tangible (bahan baku, komponen, produk jadi, orang, kertas kerja, dll) maupun intangible (pengetahuan, informasi, energi, dll)

  • Menurut Council of Logistics Management, logistik adalah proses perencanaan, implementasi, dan pengendalian secara efektif dan efisien atas aliran dan penyimpanan bahan baku, material dalam proses, produk jadi, dan informasi yang berkaitan dengannya dari titik asal hingga titik konsumsi untuk tujuan pemenuhan kebutuhan konsumen.
  • Logistik merupakan proses pengelolaan secara strategis kegiatan pengadaan (procurement) serta pemindahan dan penyimpanan material, part, dan produk jadi (serta alian informasi yang terkait) di sepanjang organisasi dan jaringan pemasarannya di mana keuntungan baik saat ini maupun di masa depan dimaksimalkan melalui usaha pemenuhan order secara efisien.
Supply Chain:
  • Pada kenyataannya, perusahaan tidak bekerja sendiri, tetapi masing-masing bertindak sebagai konsumen ketika membeli material dari suppliernya, dan bertindak sebagai supplier ketika mengirimkan material ke konsumennya, dan keseluruhan aliran ini membentuk suatu rangkaian atau rantai aktivitas dan organisasi. 
  • Berbagai istilah digunakan untuk rangkaian atau rantai aktivitas dan organisasi ini. Ada yang menyebutnya value chain (melihat pertambahan nilai yang terjadi di sepanjang rantai), demand chain (melihat pemenuhan kebutuhan konsumen di sepanjang rantai), dan yang paling banyak menyebutnya supply chain.
Artikel Terkait

3 comments: