Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Monday, May 18, 2015

JENIS ULIR DAN TABEL - TYPES OF THREAD AND CHART

Pengertian Drat atau biasa juga kita sebut ulir (thread) adalah alur-alur yang melilit pada sebuat batang baja / poros dengan ukuran tertentu. Ulir  pada baut, dengan struktur spiral nya, berfungsi untuk mengencangkan benda dengan mengubah gerakan rotary menjadi linear. Jika dilihat dari bentuknya drat dapat dibedakan dengan sebutan Male Thread (Ulir/drat luar) dan Female Thread (ulir/drat dalam).


Penggunaan ulir banyak sekali ditemui dalam kehidupan sehari-hari, karena ulir berfungsi sebagai pengikat, selain itu ulir juga berfungsi sebagai penggerak suatu benda. sebelum kita mengenal berbagai macam jenis ulir ada baiknya kita mengenali dulu bagian -bagian ulir.


Ulir yang berbentuk spiral tersebut dapat diputar ke kanan searah jarum jam maupun ke kiri berlawanan arah jarum jam. Arah pergerakan baut sendiri ada dua yaitu ke dalam (menjauhi orang), atau keluar (mendekati orang). Berdasarkan kesepakatan umum, arah tersebut dapat ditentukan dengan aturan tangan kanan seperti pada gambar.






Berikut adalah macam-macam jenis ulir menurut bentuknya

1. Ulir segitiga
Jenis ulir ini banyak sekali kita temui, dan banyak sekali standar dari ulir segitiga ini diantaranya adalah
a. Ulir Metris / Metric Standart Thread
Merupakan ulir segitiga dengan sudut puncak 60° dan keseluruhan dimensi dalam satuan metris. Simbol dari ulir ini adalah "M" contohnya M8 x 1,25 adalah ulir metris dengan diameter 8 mm dan pitch 1,25 mm
 
 

b. Ulir Whitworth / Whitworth Standart Thread
Merupakan ulir segitiga dengan sudut puncak 55° dan keseluruhan dimensi dalam satuan british (inchi). Simbol dari ulir ini adalah "W", contohnya W ⅜" x 20 TPI adalah ulir whitworth dengan diameter ⅜" dan terdapat 20 Thread per Inch (jumlah puncak ulir tiap jarak 1 inchi)

 
 

c. Ulir Pipa
  • NPT Connections

NPT (National Pipe Thread) Seal populer digunakan di U.S dan Canada. NPT male adapter mempunyai ulir meruncing (taper) yang sesuai dengan NPT female adapter. Keduanya akan mengunci, karena male adapter mempertegang female fitting sampai didapat sekian tenaga untuk menahan pressure.

Salah satu tantangan desain ini adalah jika kita menghubungkan stainless steel ke stainless steel maka jika terlalu kencang atau karena lubrikasi yang buruk akan dapat merusak ulirnya. Thread Sealant diperlukan untuk meng-seal tapi cukup hanya 2 garis ulir yang dibutuhkan. Lebih dari itu maka sealant akan lari kemana-mana.
Selain itu ada varian lain yaitu NPTF (National Pipe Taper Fuel), yang didesain bebas bocor tanpa harus menggunakan sealant maupun teflon tape.
 
  • BSP Connections
Ada 2 tipe ulir BSP yaitu tipe Paralel dan tipe Taper (meruncing): 
Ulir Taper, atau BSPT (British Standard Pipe Thread) memiliki diameter yang tidak konstan (melebar/mengecil) sepanjang batang ulirnya. Dinotasikan dengan huruf R.
Seklias BSPT sama dengan NPT kecuali sudut ulirnya (antara crest dan root) adalah 550 (sementara sudut NPT adalah 600). Dengan demikian, NPT male dapat masuk ke BSPT fitting tapi tidak akan mengunci (longgar). BSPT fitting ini populer di China dan Jepang tapi jarang digunakan di Amerika. Seperti NPT, Thread Sealant diperlukan untuk mengunci male dan female bersamaan.
contohnya R ⅜" yaitu ulir standar pipa untuk diameter pipa ⅜"




  • BSPP Connections
Tipe ulir Paralel adalah BSPP (British Standard Pipe Parallel Thread), dan disebut juga BSPF / BSPM (British Standard Pipe Fitting / British Standard Pipe Mechanical Thread). Dinotasikan dengan huruf G.

              
BSPP adalah tipe ulir yang paling sering digunakan. Tipe ini adalah fitting ulir paralel, yang mempunyai diameter konstan, dan menggunakan seal ring untuk menguncinya (Sealing). Bonded ring seal dipasang antara punggung male fitting dan muka female fitting dan menjepit. BSPP pressure gauge mempunyai longer male thread dan menggunkan ring untuk menekan dasar male fitting dan dasar lubang female BSPP sehingga membuat pressure tight seal. Tidak perlu Thread Sealant untuk membuat seal pada BSPP.


d. Ulir UNF / Unified Fine Thread
Merupakan jenis ulir dengan dimensi gabungan dari metris dan british. Ulir ini mempunyai sudut puncak ulir 60° dan dimensi ukuran dalam satuan british (inchi). Ulir ini kebanyakan digunakan di negara Amerika Serikat dan Kanada. simbol yang digunakan adalah "UNF" contoh UNF ⅜" x 24 TPI yaitu ulir UNF dengan ukuran diameter ⅜" dan jumlah ulir tiap inchi 24.

e. Ulir UNC / Unified Coarse Thread
Merupakan versi kasar dari ulir UNF. Kasar disini dimaksudkan adalah jumlah ulir tiap inchi yang lebih sedikit dari ulir UNF sehingga tampak kasar. Simbol yang digunakan adalah "UNC" Contohnya ⅜ - 16 UNC adalah ulir UNC dengan diameter ⅜" dan jumlah ulir tiap inchi 16


2. Ulir Segiempat / Square Thread
merupakan ulir dengan bentuk profil segi empat, biasanya digunakan untuk beban berat misalnya pada pembuka pintu air bendungan dan ulir pada tanggem. ulir segiempat disimbolkan dengan huruf "Sq" dan berdimensi inchi contohnya Sq ⅜" x 8 TPI yaitu ulir segiempat dengan diameter ⅜" dan jumlah ulir tiap inchi adalah 8.

3. Ulir trapesium / Trapezium Thread
merupakan ulir dengan profil trapesium dengan sudut puncak 30°. biasa digunakan pada ulir penggerak pada eretan dan leadscrew pada mesin bubut. . ulir ini disimbolkan dengan huruf "Tr" dengan dimensi metris contohnya Tr 18 x 4 adalah ulir trapesium dengan diameter 18 mm dan jarak puncak ulir 4 mm.

 
4. Ulir Acme / Acme Thread
merupakan ulir dengan profil trapesium dengan sudut puncak 29°, biasa digunakan pada eretan dan leadscrew. ulir ini disimbolkan dengan "Acme" dengan dimensi dalam satuan inchi.

 
5. Ulir Bulat / Round Thread
Merupakan ulir dengan profil setengah lingkaran pada bagian lembah dan puncak ulir. biasa digunakan untuk mentranmisikan daya/gerakan secara halus dengan tanpa kelonggaran. jenis lain dari ulir bulat ini adalah ulir edison yaitu ulir yang digunakan pada lampu bohlam


6. Ulir bola / Ball Screw
Merupakan ulir yang biasanya dipasangkan dengan mekanisme bola-bola baja dan digunakan pada penggerak mesin CNC karena hampir tidak ada kelonggaran dengan jarak yang presisi.

7. Ulir tanduk./ Buttress Thread
Merupakan ulir berbentuk segitiga tetapi bukan segitiga sama kaki melainkan berbentuk seperti tanduk. biasa digunakan sebagai pengunci tarikan seperti pengunci collet dan pada tutup pasta gigi.


8. Ulir majemuk / Multi start Thread
Merupakan ulir yang mempunyai lebih dari satu belitan ulir. biasanya untuk penggerak dengan kecepatan tinggi. bentuk profil ulir bisa segitiga, segiempat, trapesium, bola dan sebagainya.


 
REFERENSI
http://machiningtool.blogspot.com/2014/09/macam-macam-jenis-ulir-types-of-thread.html
http://wfbaskoro2011.blogspot.com/2012/07/tipe-ulir-drat-npt-bspp-dan-bspt_05.html
Artikel Terkait

9 comments:

  1. bagus nih materi tenses nya.... cekidot ke http://16-tenses.blogspot.co.id/
    Belajar 16 Tenses Bahasa Inggris Mudah

    ReplyDelete
  2. Penyajian Arktikel di blog ini sangat bagus, saya suka..
    Semoga Artikel lainnya memberikan informasi yang lebih bermanfaat lagi.

    Agen Poker Online
    Dewa Poker Online

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    domino99 online terpercaya
    dominoqq
    domino qiu qiu

    ReplyDelete
  4. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    Domino 99
    Situs Poker Online
    Domino Qiu Qiu

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk update selanjutnya gan


    bandarq
    domino99 online terpercaya
    dominoqq
    domino qiu qiu

    ReplyDelete