Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan.

Senin, 29 Maret 2010

Manfaat pohon kelapa


Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan orang. Bahasa kerennya nie "Kelapa adalah satu jenis tumbuhan dari keluarga Arecaceae. Ia adalah satu-satunya spesies dalam genus Cocos".[emang bahasa ane keren hahaha] Mau tau manfaatnya??

1. Daun
Daun kelapa dapat dibuat menjadi berbagai macam benda. Misalnya bingkai lemari, hiasan janur, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan tempat buah. Sementara pucuk daunnya dapat dibuat makanan, seperti asinan. 

2. Batang
Batang kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga. Misalnya meja, kursi, bingkai lukisan, dan lainnya. Selain itu, batang kelapa bisa digunakan untuk membuat bahan dasar pembangunan rumah, seperti genteng, papan, dan sebagainya. 

3. Buah

Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga (bakal buah). Banyak dari bagian buah kelapa ini yang bisa dimanfaatkan. Di antaranya, sabut, tempurung, daging buah, dan air kelapa.biasanya jadi bahan baku masakan kayak satannya gan...beberapa orang juga percaya air kelapa muda juga baik buat kesehatan. 

5. Akar
Akar kelapa dapat bermanfaat untuk kehidupan. Akar ini bisa dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obatobata, keset juga bisa.

4. Lambang

dah tau kan nie lambang apa???

5. Produk industri


Dijadikan minuman ion... (hehehhe)
wah banyak kegunaannya nie waktu ane baca disini ternyata baru sadar kalau ternyata banyak juga manfaat dari kelapa itu :)

Semoga Bermanfaat
GOD BLESS
Artikel Terkait

19 komentar:

  1. yup..dari akar ampe daun semua bisa dipake..euyy

    BalasHapus
  2. Halo sobat,thanks sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal ! Oh ya,blognya udah saya follow,silahkan kalau mau follow balik.

    BalasHapus
  3. begitulah hebatnya ciptaan tuhan :)

    BalasHapus
  4. salam kenal sudah saya laksanakan kawand :)
    keep blog walking aj :)

    BalasHapus
  5. @waroeng coffee: wah bener banget bang...

    BalasHapus
  6. saya suka banget ma kelapa muda..kata orang sih bisa nambah...

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak juga ya manfaatnya...

    BalasHapus
  8. @Rock: makasih udah mampir ke blog ane...

    BalasHapus
  9. di belakang rumah saya dulu ada 4 batang pohon kelapa, rasanya nyaman dan menyenangkan banget, jika pengen air kelapa tinggal manjat aja, tapi sekarang gara2 semakin padatnya pemukiman semua pohon kelapa itu terpaksa dikorbankan demi keamanan :(

    BalasHapus
  10. bener banget brother sekarang pe anak2 sulit lihat pohon kelapa... :(

    BalasHapus
  11. @adaya: kre blgmu ra isa dicomment loh mesakke
    bisnis ayo monggo lah...

    BalasHapus
  12. seandainya diri kita bisa bermanfaat secara keseluruhan seperti buah kelapa , bagi orang lain, alangkah bahagianya Daniel :)
    salam

    BalasHapus
  13. makasih banget bunda :)
    bener2 indah dech...

    BalasHapus
  14. pohon kelapa dapat tumbuh dimana-mana :)
    salam kenal kawan

    BalasHapus
  15. @mbem : samal kenal juga brother jangan sungkan - sungkan maen ke blog ini

    BalasHapus
  16. semua bagian dari pohon kelapa memang bermanfaat :)

    BalasHapus